Kamis, 08 September 2011

Sejarah Komputer


Anak geng kampung suka.senang.suka.sedih, lagi ngobrol di tempat mereka biasa mangkal,-depan warung mang rojak, sekutip obrolan mereka di sore hari selepas solat ashar………. #teng.teng.tong.teng…(back sound)

#Click kalo ga keliatan
@Rumah pakde ite
Ibud:     “Assalamualaykummmmm…”
Pakde:  “waalaykumusalam,, ada apa nduk?”
Ibud:     “mau ganggu nih pakde..”
Neng:      “gini loh pakde, kang Ibud mau tanya-tanya tentang komputer, pakde kan ahlinya”
Pakde:    “ah ga juga,, tapi, silahkan.silahkan, mau Tanya apa?”
Ibud:       “maaf pakde, saya mau Tanya, sebetulnya komputer itu bentuk aslinya seperti apa ya pakde?”
Pakde:    “okeh, ta jelasin mulai dari awal,, dengerin baik-baik ya..”
Neng+Ibud: ~(ngangguk-ngangguk)~
Pakde:    “anakku,, jadi, komputer itu, asal kata ning dari bahasa latin computare , sing artinya menghitung, mula-mula kata komputer dipake untuk menggambarkan orang yang kerjanya melakukan perhitungan aritmetika dengan atau tanpa alat bantu, tapi seiring perkembangan zaman, ‘komputer’ terkenal dengan alat penghitung itu sendiri.”
Ibud:       “apa toh pakde?,, Ibud ora ngerti..”
Pakde:   “begini bud,, singkat kata, komputer adalah semua alat elektronik yang terdiri atas perintah input,alat yang mengolah input dan peralatan output yang memberikan informasi serta bekerja secara otomatis..”

Neng:      “Oooooooooh *tarik napas panjang”

Ibud:       “oh…, jadi, komputer bukan sejenis komidi putar ya pakde?”
Neng:    ~GUBRAK~
...

Pakde:  “iya bud, nah.. udah ngerti kan?, coba sekarang, sebutin apa aja yang termasuk komputer?”
Ibud:     “hmmmmm..”
Pakde:  “kalkulator..”
Neng:    “hape..”
Pakde:  “Personal komputer, GPS, translator, bahkan faximili juga termasuk kedalam keluarga komputer..,, ngerti ora bud?”
Ibud:     “jelas pakde,, tapi ibud masih penasaran,, kalo komputer itu,, masuk Indonesia taun berapa ya?”
Pakde:  “kalau itu, pakde kurang tau,, entah, tak pasti,,, entah jaman belanda,, entah jaman jepang..” ~garuk-garuk kepala~
Pakde:  “by the way (pakde gaul),, pakde punya sedikit cerita, mengenai sejarah komputer, dari generasi ke generasi,, masih mau dengerin ga nih??”
Neng+Ibud: “ookee pakde.. laaanjuuuutt..”




~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
~Ibud Mind~
Wait..
Ada generasi?
Kaya gue dong..
Opa gue kekayaannya buat 7 generasi,,
Sayang  gue generasi kedelapan..
*humor garing
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Pakde: “Yup, That’s true,, Generasi pertama komputer ada pada tahun kira-kira 1946-1959,,  tabung hampa udara sebagai penguat sinyal, merupakan ciri khas komputer generasi pertama. pada awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai komponen penguat sinyal. bahan bakunya terdiri dari kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas. panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin ….”
Ibud:     “O…. canggih juga ya…”
Pakde:  “taun 1946 dinamai ENIAC, komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts..”
Pakde:  “taun 1953 dinamai IBM 701, komputer komersial berukuran besar, komputer generasi pertama yang paling popular..”

Pakde:  “Adapun Ciri-cirinya,Sirkuitnya menggunakan Vacum Tube, Program dibuat dengan bahasa mesin –ASSEMBLER-,Ukuran fisik komputer sangat besar, sebesar ukuran aula..”

Ibud:     Waaaaw… gede banget.. muat iki buat bikin koskosan depan IT Telkom ini mah,, setaun 5 juta per kamar, segede aula mah sayah bikin 10kamar aja, buat ngelunasin utang.. *langsung lunasin spp 6 semester J
Pakde:  generasi  kedua ada di tahun 1959-1964..”
Pakde:  Transistor merupakan ciri khas komputer generasi kedua. Bahan bakunya terdiri atas tiga lapis, yaitu: "basic", "collector" dan "emmiter". Transistor merupakan singkatan dari Transfer Resistor, yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari tiga lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula dipengaruhi. Dengan demikian, fungsi transistor adalah sebagai penguat sinyal. Sebagai komponen padat, transistor mempunyai banyak keunggulan seperti misalnya: tidak mudah pecah, tidak menyalurkan panas. dan dengan demikian, komputer yang ada menjadi lebih kecil dan lebih murah..”
Pakde:  “Komputer yang paling banyak digunakan pada generasi kedua ini adalah IBM 401 untuk aplikasi bisnis, IBM 1602 & IBM 7094 untuk aplikasi teknik”
Pakde:  “Ciri-cirinya sirkuit berupa transistor,program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi ; COBOL, FORTRAN, ALGOL,kapasitas memori utama sudah cukup besar,proses operasi sudah cepat,membutuhkan lebih sedikit daya listrik”
Ibud:     “Oh,, udah mulai modern nya?”

Pakde: “lalu.. generasi ketiga,, taun 1964,IBM meluncurkan S/360, komputer generasi ketiga pertama ini digunakan untuk aplikasi bisnis dan teknik. “

Pakde:  “taun 1969, ada NOVA, dikembangkan oleh Data General Corporation, komputer mini 16 bit pertama..”

Pakde: “ciri khususnya,Menggunakan IC ( Integrated Circuit ),pemrosesan lebih cepat,,kapasitas memori lebih besar lagi ,,penggunaan listrik lebih hemat ,bentuk fisik lebih kecil,,dan lebih banyak aplikasinya”

Neng:    “udah paling canggih ya pakde?”

Pakde:  “belum,, sebentar,, masih ada.., Generasi Keempat, adanya taun 1970-1990..”
Pakde:  Komputer generasi keempat memiliki ciri bahwa komponen yang digunakan sudah beribu-ribu IC (Integrated Circuit) yang dijadikan dalam sebuah chip yang disebut dengan LSI (large Scale Integration) atau disebut juga dengan Bipolar large Scale Integration (BLSI). Juga telah dikembangkannya microprocessor dan semiconductor yang berbentuk chip untu memori komputer.”

Pakde:  “Komputer generasi ini antara lain IBM 370, komputer untuk komersila yang dinamakan Crai-1, Apple I, Apple II, Komputer IBM PC yang pertama , Pentium II , AMD K6 3D,, pada komputer generasi keempat ini sudah menggunakan system operasi windows yang pertama loh..”

Ibud:     “Siip deh pakde,,Oe udah dikasih pencerahan…,,Makasih banyak loh pakde,, matur nuwun,, ~Maap ga bisa ngasih apa2.. *jabat tangan selipin amplop /ala koruptor teri~,,,, Bener loh pakde,, matur nuwun.. Pas bnget pnjelasannya buat bahan tugas oe di kampus… *kedipin mata/ jangan bilang2 dosen saya ya pakde..
@alam ngelindur
#akibat ngedadak bikin tugas,,
Tengkyuuu my first reader, n so on…
Sykrn jzkllh..
J



‘semua cerita hanyalah rekayasa, jika ada kesamaan nama atau peran, sesungguhnya memang hal yang disengaja dan di lebay-lebaykan.. J


From: -blog gataupunyasiapa.blogspot.com (sayah ga bisa gambar)
           -ilmu komputer.com
ini versi aku lho bukan versi textbook jadi jangan jadikan sebagai bahan ujian.

1 komentar: