Selasa, 13 Desember 2011


HITUNG ALGORITMA SE-EFISIEN MUNGKIN!
manfaatnya apa gitu????



" Algoritma Pertama kali diperkenalkan Oleh Ahli Matematika : Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi. Algoritma adalah urutan langkah – langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Logis merupakan kunci dari sebuah algoritma. Langkah – langkah dalam algoritma harus logis dan bernilai benar atau salah."




          Setiap perhitungan dalam sebuah program  (terutama dalam komputasi) mempunyai tujuan, tetapi perlu diperhatikan bahwa maksud utama dari perhitungan adalah proses dan hasil dalam mencari pemecahan masalah, bukan hanya untuk memperoleh solusi berupa bilangan. Selanjutnya, dalam melakukan perhitungan, hendaknya dipilih proses perhitungan atau algoritma yang efektif dan efisien, yaitu yang memerlukan prosedur perhitungan yang sependek mungkin dan memerlukan waktu yang sesingkat mungkin. Dengan demikian, tujuan perhitungan adalah memperoleh pendekatan dari solusi eksak suatu masalah dengan tingkat kesalahan relatif kecil dan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. 
           Adapun manfaatnya ketika kita benar-benar memperhatikan dan menghitung-hitunf algoritma yang kita buat agar se-efisien mungkin adalah :
  1. menghasilkan suatu solusi yang sesuai dengan masalah yang diselesaikan.
  2. waktu proses suatu algoritma relatif lebih singkat 
  3.  penggunaan memori komputernya lebih sedikit
  4. masalah yang dihadapi dapat diselesaikan dengan tidak memerlukan waktu relatif lama.
  5. Algoritma memiliki instruksi-instruksi yang jelas dan tidak ambigu. Jika kita mengetahui besaran waktu (dalam satuan detik) untuk melaksanakan sebuah operasi tertentu, maka kita dapat menghitung berapa waktu sesungguhnya untuk melaksanakan algoritma tersebut.


NB: Meskipun algoritma memberikan keluaran yang benar (paling mendekati), tetapi jika kita harus menunggu berjam-jam untuk mendapatkan keluarannya, algoritma tersebut biasanya tidak akan dipakai, setiap orang menginginkan keluaran yang cepat. Begitu juga dengan memori, semakin besar memori yang terpakai maka semakin buruklah algoritma tersebut. Dalam kenyataannya, setiap orang bisa membuat algoritma yang berbeda untuk menyelesaikan suatu permasalahan, walaupun terjadi perbedaan dalam menyusun algoritma, tentunya kita mengharapkan keluaran yang sama. Jika terjadi demikian, carilah algoritma yang paling efisien dan cepat.  



source:
http://rifkifathoni.com/index.php?option=com_content&view=article&id=57:pengertian-logika-dan-algoritma&catid=34:postingan&Itemid=58 
http://www.ittelkom.ac.id/staf/zka/Materi%20Desain%20Analisis%20Algoritma/M02kompleksitas1.pdf
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/04/efisiensi-algoritma/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar